Tips Cara Agar Resep Masakan Anda Tetap Sehat

Tips Cara Agar Resep Masakan Anda Tetap Sehat - Diet sehat, dikombinasikan dengan pengendalian berat badan dan olahraga dapat mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, asam urat, dan bahkan diabetes.

Namun, berupaya tetap memasak menu sehat dan seimbang bisa sangat sulit. Anda mungkin seringkali harus membuang resep makanan favorit Anda, seperti misalnya ketika teman Anda memberikan resep soto yang memerlukan satu kilogram jeroan atau sandung lamur berkolesterol tinggi.

Jangan buang dulu resep itu! Kebanyakan resep bisa diperbaiki agar lebih sehat, baik dengan mengganti, mengurangi, atau menghilangkan bahan tertentu tanpa mempengaruhi kualitas masakannya. Anda tetap dapat menikmati makanan lezat sekaligus sehat dengan menerapkan 5 tips berikut:

1. Mengurangi porsi
Anda dapat mengurangi jumlah lemak, gula dan natrium dalam resep tanpa harus mengorbankan rasa. Misalnya, jika resep meminta 1 cangkir keju cheddar parut, gunakan 1/2 cangkir saja. Gunakan kecap asin kurang daripada yang diindikasikan untuk mengurangi kadar natrium dalam makanan. Anda juga dapat mengurangi porsi gula halus di kue dengan mengubah dari dicampurkan ke dalam adonan menjadi hanya ditaburkan sedikit saja ketika menyajikan.

2. Menggunakan bahan pengganti
Bahan pengganti tidak hanya mengurangi jumlah lemak, kalori dan natrium dalam resep, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas gizinya. Ketika membuat kue, Anda dapat membuat resep lebih sehat dengan mengganti susu dengan susu bebas/rendah lemak dan memilih sumber lemak yang lebih baik. Anda bisa mengganti mentega atau minyak goreng biasa dengan minyak zaitun atau minyak nabati lain untuk menumis masakan. Gunakan pemanis non-gula seperti kayu manis atau ekstrak vanili untuk mendapatkan rasa manis tanpa gula berlebihan. Pertimbangkan menebarkan irisan buah segar dekoratif sebagai pemanis yang lebih sehat dibandingkan menebarkan gula bubuk ke atas kue.

3. Menghilangkan bahan
Dalam beberapa resep, Anda dapat menghapus bahan sama sekali. Anda dapat membuang bahan opsional seperti acar, gula tabur, mentega, mayones, sirup, jeli dan mustard, yang memiliki sejumlah besar natrium, gula, lemak dan kalori.

4. Mengubah metode masak
Metode memasak yang sehat – seperti mengukus, merebus, memanggang dan membakar – dapat menjaga rasa dan nutrisi makanan tanpa menambah jumlah lemak seperti halnya menggoreng. Jika resep Anda meminta untuk menggoreng dengan minyak atau mentega, cobalah memanggang atau mengukusnya. Gunakan wajan antilengket agar Anda tidak perlu banyak minyak untuk menggoreng.

5. Mengubah ukuran porsi
Tidak peduli berapa banyak Anda mengurangi, mengganti atau membuang bahan, beberapa resep mungkin masih memiliki kadar gula, lemak atau garam tinggi. Dalam kasus ini, kurangilah porsi makanan yang Anda makan. Dengan mengurangi porsi makanan itu, Anda masih dapat memakan jenis makanan lain yang lebih sehat. Makan makanan yang bervariasi akan membuat Anda mendapatkan semua energi, protein, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan.

sumber

Resep Cara Membuat Jus Dari Kulit Manggis

Resep Cara Membuat Jus Dari Kulit Manggis - Sebelum kita memulai membuat minuman segar dari bahan kulit manggis , mungkin ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa khasiat dan juga manfaat yg terkandung dalam kulit buah manggis..

khasiat kulit manggis selain mengandung Xanthone yang merupakan zat yang memiliki aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, kulit buah manggis juga sangat kaya akan antioksidan tinggi yang dapat mengobati berbagai macam penyakit bahkan penyakit maut sekalipun seperti penyakit jantung, kanker,stroke, diabetes, ginjal, hepatitis, AIDS, dan lain-lain.

Kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone adalah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antitumor, antialergi, antiinflamasi dan antihistamin. Di alam ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (Garcinia mangostana). Senyawa itu tersebar pada kulit buah dan biji, kulit batang, daun serta sebagian kecil pada daging buahnya.

Beberapa penelitian telah dilakukan di berbagai negara untuk membuktikan bahwa ternyata terdapat cukup banyak manfaat kulit manggis untuk kesehatan. Penelitian berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di 4 benua, 12 negara dan semuanya memberikan hasil yang positif. Mungkin hal ini cukup mengejutkan bagi kita semua. Beberapa peneliti manfaat kulit manggis mengatakan bahwa kulit manggis mujarab mengatasi berbagai macam penyakit berkat adanya senyawa xanthone.



Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Berikut ini langkah-langkah cara membuat jus kulit manggis yang gampang.
  1. Siapkan beberapa buah manggis, bisa 3 atau 4 buah, cuci atau bersihkan terlebih dulu agar steril. Lalu potong dan ambil kulitnya saja. Buahnya bisa dimakan sendiri.
  2. Kemudian ambil bagian dalam kulit manggis dengan cara dikerok menggunakan sendok. Perlu diperhatikan, kerok bagian dalam kulit berwarna merahnya, jangan sampai bagian luar yang berwarna hitam juga ikut diambil. Juga jangan sampai getahnya ikut dikerok atau terambil. Karena nanti rasanya akan sangat sepat dan pahit.
  3. Nah ini merupakan langkah inti pada cara membuat jus kulit manggis ini. Kulit yang sudah dikerok tadi kemudian diblender. Untuk menambah rasanya, anda juga bisa mencampurnya dengan bahan seperti coklat bubuk, alpukat, susu kental, es dan gula.  *Dari sumber yang saya baca tadi mengatakan anda bisa mencampurnya dengan bahan tersebut atau tidak dicampur juga tidak masalah.
  4. Seperti pada proses membuat jus lainnya. Pada langkah ini anda hanya menunggu saja proses memblender tadi sampai halus untuk kemudian bisa disajikan. *Ada salah satu sumber situs online tadi mengatakan bahwa meminum jus kulit manggis ini sebaiknya/dianjurkan setelah makan.


Perhatian.
  • Informasi tentang cara membuat minuman jus kulit manggis ini didapat dari berbagai sumber situs online.
  • Jika anda ragu sebaiknya ditanyakan terlebih dulu kepada ahlinya. Atau anda juga bisa mencoba dulu membuat jus tersebut sedikit saja. Dan anda bisa mengetahuinya apakah ada efek terhadap tubuh anda atau tidak.
  • Penulis tidak bertanggung jawab bila terjadi kesalahan. Karena informasi ini juga didapatkan dari berbagai sumber situs online. Sebaiknya anda menanyakan terlebih dulu ya kepada ahlinya atau dokter agar tidak terjadi kesalahan.


sumber